Senin, 19 Januari 2015

Pengertian Suspensi

1.  Pengertian suspense menurut :
a)  Menurut DOM MARTIN
            Suspensi adalah proses penyiapan sistem 2 fase yang homogen dimana fase dalam atau fase dispersi adalah padatan dan fase luar fase kontinyu adalah cairan padatan terdispersi dalam serbuk halus terbagi dan ukuran partikel yang pekat atau sistem koloid. Bagaimanapun partikel terdispersi dalam sediaaan farmasi disebut suspensi yang biasanya tidak cukup kecil untuk menunjukkan gerakan brown. Fase cairan pada suspensi farmaseutikal adalah fase encer.
b)  Menurut scoville’s
            Sediaan farmasi dimana cairan mengandung bahan yang tidak larut, biasanyaa dikenal dengan suspensi. Kelas ini bentuk campuran pharmaseutikal yang merupakan sediaan tertua dan bentuk suspensi dapat diartikan sebagai sediaan kelas besar seperti produk spesifik suspensi diabsorpsi dari farmakope amerika dan oleh farmakope belanda yang dimaksudkan untuk beberapa sediaan cair yang mengandung obat dalam. Dalam bentuk serbuk halus terbagi yang dimaksudkan untuk digunakaan dalam beberapa cara :
Ø Dengan intramuskuler (bukan intravena) injeksi sebaagaai contoh suspensi steril pia cair, penicillin G.
Ø Pada mata dengan suspensi epelmic cortisone asetat.
Ø Oral dengan contoh sediaan suspensi oral trisulfa pirimidis.
Ø Rektal sebagai contoh adalah suspensi paranitro sulfalazo.
c)  Menurut Farmasi Fisika
            Suatu suspensi dalam bidang farmasi adalah suatu dispersi kasar dimana partikel zat padat yang tidak larut terdispersi dalam suatu medium cair.
d)  Menurut RPS
            Suspensi adalah sistem dua fase yang terdiri dari serbuk halus, yang terdispersi dalam padatan, cairan, dan gas.
e)  Menurut Lachman
            Suspensi merupakan sistem heterogen yang terdiri dari 2 fase kontinyu atau fase luar umumnya cairan atau semi padat dan fase terdispersinya atau fase dalam terbuat dari partiekl-partikel kecil yang pada dasarnya tidak larut tetapi terdispersi seluruhnya dalam fase kontinyu zat yang tidak larut biasa dimaksudkan untuk absorpsi fisiologis untuk fungsi pelapisan dalam dan luar.
f)   Menurut Ansel
            Suspensi adalah sediaaan obat yang terbagi dengan halus yang ditahan dalam suspensi dengan menggunakan pembawa yang sesuai.

g)  Menurut Farmakope Indonesia edisi III
            Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut terdispersi dalm cairan pembawa.
h)  Menurut Farmakope Indonesia edisi IV
            Suspensi adalah sediaan cair yang mengandung partikel padat yang tidak larut yang terdispersi dalam fase cair.
i)    Menurut Parrot
            Suspensi pharmaceutical adalah suatu dispersi padatan yang terbagi daam medium cair. Beberapa suspensi dibuat bubuk kering dimana pertambahan volume cairan pembawa ditambahkan sebagai cairan pendispersi sebelum terdispersi.
j)    Menurut DOM HOOVER
            Secara sederhana definisi dari suspensi adalah sistem 2 fase yang tersusun oleh bahan padat, pendispersi dalam cairan.
k) Menurut Ilmu Resep

Suspensi merupakan sediaan cair yang mengandung partikel tidak larut dalam bentuk halus yang terdisfersi kedalam fase cair.

Share this

0 Comment to "Pengertian Suspensi"

Posting Komentar

Komentar Anda Adalah Motivasi Untuk Saya