Kamis, 15 Januari 2015

Pengertian Larutan

Pengertian Larutan menurut beberapa sumber, yaitu :
a.  Menurut R. Voight
Larutan adalah sediaan cair yang mengandung obat terlarut, menurut aturannya didalam air atau cairan yang didominasi air.
b.  Menurut Farmakope Indonesia Edisi IV
Larutan adalah sediaan cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang terlarut, misalnya terdispersi secara molekuler dalam pelarut yang saling bercampur.
c.   Menurut Ansel
Larutan adalah sediaan cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang terlarut, biasanya dilarutkan didalam air, yang karena bahannya, cara peraciknya atau penggunaannya tidak dimasukkan dalam produk lain.
d.  Menurut Formulariun Nasional
Larutan adalah sediaan cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang terlarut, biasanya dilarutkan didalam air atau lebih didalam pelarut, dimasukkan kedalam rongga tubuh.
e.  Menurut Parrot
Larutan adalah suatu sistem farmasi yang berisi atau lebih, preparat cair yang mengandung satu atau lebih zat terlarut dan dimana metode pembuatannya tidak menggunakan metode persiapan atau bahan terklasifikasi dalam katekori lain.
f.    Menurut RPS
Larutan adalah campuran homogen yang dibuat dengan cara melarutkan zat cair, padat atau garam dalam pelarut- pelarut (beberapa pelarut) lain dan mewakili beberapa kelompok sediaan yang mana molekul pada pelarut atau bahan pelarut yang terdispersi dalam larutan.
g.  Menurut Scoville’s
Larutan adalah campuran homogen atau campuran dari dua atau lebih untuk bentuk larutan yang jernih, larutan dikatakan homogeny, karena mewakili pelarut dalam suatu molekuler atau submolekuler ionik yang tetap dalam keadaan subdivision.

Share this

0 Comment to "Pengertian Larutan"

Posting Komentar

Komentar Anda Adalah Motivasi Untuk Saya