Senin, 26 Januari 2015

Pengertian Emulsi

a.  Menurut FI edisi III
Emulsi adalah sediaan cair yang mengandung bahan obat cair atau cairan obat terdispersi dalam cairan distabilkan dengan zat pengemulsi atau surfaktan yang cocok.

b.  Menurut RPS18th
Emulsi adalah suatu sistem terdispersi yang terdiri dari paling sedikit 2 fase cairan yang tidak saling bercampur. Sebagian dari emulsi konvesional dalam farmasi memiliki ukuran partikel terdispersi dalam diameter dari 0,1-100 mm.

c.   Menurut Lachman
Emulsi adalah suatu campuran yang tidak stabil secara termodinamika yang terdiri dari cairan yang tidak saling bercampur.

d.  Menurut Parrot
Emulsi adalah suatu sediaan polifase dari 2 campuran yang tidak saling bercampur salah satunya terdispersi denganbantuan emulgator kee seluruh partikel lainnya. Ukuran diameter partikelnya 0,2-50 m.

e.  Menurut Farmasi Fisika
Emulsi adalah sistem yang tidak stabil secara termodinamika mengandung paling sedikit dua fase air yang tidak bercampur satu diantaranya terdispersi sebagi globul-globul (fase pendispersi) dalam fase cair lainnya (fase kontinu) distabilkan dengan adanya bahan pengemulsi emulgator.

f.    Menurut FI Edisi IV
Emulsi adalah sistem 2 fase dimana salah satu cairannya terdispersi dalam cairan yang lain dalam bentuk tetesan-tetesan kecil.

g.  Menurut Ansel
Emulsi adalah suatu dispersi dimana fase terdispersi terdiri dari larutan-larutan kecil zat cair yag terdisspersi ke seluruh pembawa yang tidak saling bercampur.

h.  Menurut FN
Emulsi adalah sediaan berupa campuran terdiri dari kurang 2 fase cairan yang dalam sistem dispersi yang satu terdispersi sangat halus dan merata dalam fase cairan lainnya. Umumnya dimantapkan zat pengemulsi.

i.    Menurut Scoville’s
Emulsi yang digunakan dalam farmasi adalah penyiapan yang terdiri dari dua larutan yang tidak saling tercampur salah satunya terdispersi seragam berbentuk gabul lain.

j.  Menurut Dom Martin
Emulsi adalah suatu system heterogen yang terdiri dari 2 suatu larutan cair yang tidak bercampur dan terdispersi dengan lain yang terbentuk dengan tetesan kecil.

Share this

0 Comment to "Pengertian Emulsi"

Posting Komentar

Komentar Anda Adalah Motivasi Untuk Saya